Jumat, 24 Desember 2010

Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan




Manfaat Yogurt tidak hanya mencegah terjadinya kanker saluran pencernaan, menurut hasil studi yang dilakukan oleh sebuah universitas di Swedia, yogurt dapat membantu dan mencegah timbulnya kanker darah. Kanker darah merupakan jenis kanker yang sangat berbahaya, oleh karena itu sebuah pencegahan harus dilakukan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi yogurt.

Para ilmuwan dari Karolinska Institute di Stockholm (Swedia) telah mengadakan penelitian dan mempelajari diet yang telah dilakukan oleh 80.000 orang pasien dalam dalam kurun waktu 9 tahun dan memperoleh hasil yang signifikan sehingga melakukan publikasi terhadap penemuan tersebut dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Penemuan tersebut membuat suatu pernyataan bahwa 45% wanita dan 36% pria yang mengkonsumsi dua porsi yogurt dalam sehari sangat kecil untuk mempunyai kemungkinan terkena penyakit kanker darah daripada orang yang tidak mengkonsumsi yogurt.


Sebuah fakta yang menarik adalah para ilmuwan tersebut tidak bisa menemukan jenis perlindugan seperti ini yang terdapat dalam produk susu lainnya selain yogurt. Hal ini disebabkan hanya yogurt yang memiliki Lactid Acid Bacteria, sebuah bakteri baik dalam yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Yogurt ternyata tidak hanya memberikan lima manfaat bagi kesehatan tetapi juga memberikan enam manfaat termasuk dapat mencegah terjadinya penyakit kanker darah. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi yogurt setiap hari. Jadikan yogurt sebagai menu harian anda, mengkonsumsi 2 porsi setiap hari dan Manfaat Yogurt akan terasa untuk kesehatan.

Jika anda ingin menjaga kesehatan tubuh, mulailah mengkonsumsi makanan sehat. Salah satunya adalah Yogurt. Manfaat Yogurt sangat baik untuk kesehatan, makanan fermentasi ini terbukti telah membantu membuat hidup menjadi lebih sehat jika dikonsumsi setiap hari. Berikut ini adalah lima manfaat yang akan diperoleh jika mengkonsumsi yogurt setiap hari, yaitu:
  1. Membantu mengatasi masalah Lactose Intolerance. Apakah anak anda sering mengalami diare jika setiap kali mengkonsumsi susu? Bisa jadi anak anda terserang Lactose Intolerance. Yogurt merupakan pengganti terbaik susu karena kandungan laktosa telah dinetralisir oleh bakteri baik Lactobacillus bulgaricus.
  2. Dapat membantu menurunkan kolesterol, jika mempunyai masalah dengan berat badan mungkin dengan mengkonsumsi yogurt dapat membantu mengatasi permasalahan anda. Yogurt dapat membantu menurunkan kolesterol dan lemak jahat yang tertimbun dalam tubuh.
  3. Mencegah dan menghambat pertumbuhan bakteri pantogen. Pantogen adalah kuman yang terdapat dalam usus dan lambung, kuman ini adalah penyebab munculnya penyakit. Dengan mengkonsumsi yogurt maka lambung dan usus akan dinetralisir dan meminimalisir pertumbuhan pantogen.
  4. Membantu menghilangkan efek samping dari antibiotic. Antibiotic memang sangat baik untuk menjaga kesehatan tetapi juga sangat berbahaya karena tidak hanya membunuh kuman yang berbahaya dan juga membunuh kuman yang baik. Hal ini tidak baik untuk keseimbangan flora dalam usus.
  5. Dapat mencegah kanker saluran cerna, dengan mengkonsumsi setiap hari berarti anda telah melakukan pencegahan terhadap kanker saluran cerna. Kanker ini banyak terjadi pada usus besar, hal ini disebabkan ketidakseimbangan pada saluran cerna sehingga terjadi penumpukan semua zat yang seharusnya terbuang.
Setelah mengetahui lima Manfaat Yogurt, anda harus memasukkan makanan ini kedalam menu harian. Selain mempunyai rasa yang enak dan disukai oleh anak-anak, yogurt memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.
Cara Memilih Produk Yogurt
Karena manfaat yang begitu besar, saat ini banyak produk yogurt yang beredar dipasaran. Dengan berbagai label seperti low fat, sugar free, natural, organic dan sebagainya, tentu ini akan membuat anda bingung untuk memilih yogurt yang sesuai untuk anda. Anda tidak perlu khawatir, berikut ini adalah Cara Memilih Produk Yogurt untuk kesehatan anda, yaitu:
  1. Kandungan kalori, saat ini produk yogurt tidak hanya dikemas dalam porsi kecil sekali makan tetapi juga dalam porsi besar untuk beberapa kali makan. Ada baiknya anda mulai memeriksa kandungan kalori yang terdapat dalam produk yogurt tersebut. Umumnya yogurt mempunyai kandungan 70-230 kalori untuk porsi seberat 4-8 ons.
  2. Kandungan gula, sangat jarang terkandung gula dalam seporsi yogurt. Ada baiknya anda melihat komposisi yang terkandung didalamnya, karena umumnya yogurt mempunyai rasa manis alami laktosa yang terdapat dalam produk susu.
  3. Kandungan kalsium, yogurt sangat baik sebagai pengganti susu apabila anak anda penderita Lactose Intolerance. Oleh karena itu, anda harus memilih produk yogurt yang memberikan kandungan kalsium tinggi. Yogurt sendiri mempunyai kandungan kalsium yang berbeda-beda, 10-40% kandungan kalsium terdapat pada yogurt.
  4. Kandungan lemak, walaupun tergolong makanan sehat, yogurt juga mengandung lemak. Untuk itu lihatlah komposisi lemak yang terkandung dalam produk yogurt tersebut, hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Pilihlah produk yogurt dengan kandungan lemak jenuh maksimal 2 gram untuk sekali saji.
Itu adalah beberapa kandungan yang harus anda cermati untuk mengetahui cara memilih produk yogurt. Selain itu anda juga harus cermat mengenai pemanis, rasa dan pewarna buatan yang terkandung dalam sebuah produk yogurt karena tidak semuanya menggunakan bahan alami. Jika anda cermat maka manfaat Yogurt akan anda rasakan untuk kesehatan tubuh.

 

Source : www.puarambe.com


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes