Sabtu, 05 Februari 2011

Sunblock Sebabkan Kekurangan Vitamin D

MESKI Anda sangat menyayangi sang buah hati dan ingin melindunginya dari berbagai macam bahaya, seperti sinar matahari, sebuah studi baru menemukan bahwa menggunakan terlalu banyak lotion sunblock bisa menyebabkan kekurangan vitamin D pada anak-anak.

"Banyak yang mengira berada di bawah terpaan sinar matahari merupakan faktor risiko terkena kanker. Maka itu, banyak yang menghindarinya sehingga mereka pun tak mendapatkan manfaat dari vitamin D. Padahal tubuh kita memerlukan keseimbangan," kata Dr Colin Michie, dosen sekaligus konsultan senior di Rumah Sakit Ealing, London, Inggris, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (3/1).

"Banyak remaja yang mendatangi rumah sakit kami dengan berbagai keluhan nyeri yang ternyata disebabkan kekurangan vitamin D," katanya. "Ketika kami menganalisis mereka, diketahui kadar vitamin D dalam tubuh mereka ternyata sangat rendah. Pada umumnya, hal itu disebabkan mereka terlalu sering berada dalam ruangan untuk bermain video game, komputer atau menonton televisi. Mereka jarang berkegiatan di luar ruangan." Maka itu, ketimbang melindungi anak dengan sunblock, ada baiknya mengajak mereka berkegiatan di luar ruangan. Selain kulit sehat, tubuh anak pun akan senantiasa bugar.

Di sisi lain, muncul peningkatan kasus kekurangan vitamin D yang menyebabkan rakhitis yakni gangguan tulang pada masa kanak-kanak. Tubuh kita bisa mendapatkan vitamin D saat terkena terpaan sinar ultraviolet matahari yang menyehatkan. Namun, memang tak semua sinar matahari bagus untuk kulit. Di Indonesia, sebelum pukul 10.00 WIB, merupakan saat yang paling tepat untuk mendapatkan sinar matahari yang menyehatkan kulit. (Pri/OL-06)



Source : /www.mediaindonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes